KURIKULUM 2019 TEKNIK…

KURIKULUM 2019 TEKNIK ELEKTRO


IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education) merupakan sebuah organisasi independen nirlaba yang didirikan sebagai bagian dari lembaga Persatuan Insinyur Indonesia (PII) untuk menumbuhkembangkan budaya mutu dalam pengelolaan pendidikan tinggi di bidang teknik dan computing.

IABEE dibentuk dengan pembinaan oleh JABEE (Japan Accreditation Board for Engineering Education), yang telah berstatus sebagai penandatangan Washington Accord, yakni perjanjian multilateral yang mengatur kesetaraan berbagai lembaga akreditasi mandiri internasional untuk program-program studi bidang keteknikan. Saat ini, Washington Accord beranggotakan 20 negara signatory, seperti Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Australia, New Zealand, Afrika Selatan, Rusia, Jepang, China, India, Turki, Hong Kong, Taiwan, dan Malaysia.

Mulai tahun akademik 2019/2020 ini, proses pendidikan di prodi Teknik Elektro STT Adisutjipto menggunakan kurikulum 2019. Kurikulum ini disusun berdasar ketentuan pada akreditasi nasional BAN-PT (Badan Akreditrasi Nasional Perguruan Tinggi) dan akreditasi internasional IABEE.  Pada kurikulum ini penguasaan mahasiswa atas materi Elektronika Penerbangan (Avionik) dan Elektronika Telekomunikasi lebih ditekankan. Alur mata kuliah pada kurikulum 2019 Teknik Elektro ini juga mangalami sedikit perubahan dari kurikulum 2014 (sebelumnya) sehingga syarat kelulusan dapat diturunkan menjadi 144 SKS. Target diberlakukannya ini adalah: materi Elektronika Penerbangan dan Elektronika Telekomunikasi dapat lebih mudah dan cepat diserap, mahasiswa dapat menyelesaikan studi tepat waktu dalam 8 (delapan) semester, dan lebih banyak materi mata kuliah yang digunakan di dunia kerja.
Pada kurikulum 2019 lulusan mahasiswa prodi Teknik Elektro dibekali juga dengan sertifikasi internasional dari Pyton dan CCNA.

Daftar mata kuliah di Kurikulum 2019.

Untuk mengisi mata kuliah di KRS harap diperhatikan ketentuan berikut:

  1. Mahasiswa angkatan 2019 dan sedudahnya: menggunakan kurikulum 2019 secara penuh.
  2. Mahasiswa angkatan 2018 dan sebelumnya: menggunakan kurikulum 2019 dengan  menggunakan mata kuliah kesetaraan dengan ketentuan:
    • Mata kuliah yang telah diambil sebelumnya di Kurikulum 2014 tetap diakui.
    • Mata kuliah yang belum diambil di Kurikulum 2014 dapat diganti dengan mata kuliah setara di Kurikulum 2019
    • Mata kuliah di Kurikulum 2014 yang akan diulang dapat dicari mata kuliah setara di Kurikulum 2019.
    • Mata kuliah yang direkomendasikan diambil mulai tahun akademik 2019/2020 untuk mahasiswa angkatan 2018 dan sebelumnya dapat dilihat di sini.


Mata Kuliah Rekomendasi Angkatan 2017 dan 2018.

Jika terdapat permasalahan dalam pengambilan mata kuliah, mahasiswa dapat menghubungi dosen pembimbing akademik (DPA).

Pembaruan (Update) Nilai Matakuliah

Bagi mahasiswa angkatan 2018 atau sebelumnya yang mengambil mata kuliah lebih dari satu kali (karena memperbaiki), di transkrip akhir akan tercetak nilai mata kuliah lama (yang diambil di Kurikulum 2014 dan nilai baru baru (yang diambil di kurikulum 2019). Salah satu nilai harus dihapus, dan mahasiswa dapat mengajukan permohonan ke Prodi Teknik Elektro untuk penghapusan salah satu nilai yang dikehendaki.