SERTIFIKASI INTERNASIONAL…

SERTIFIKASI INTERNASIONAL PHYTON DAN CISCO


    Program sertifikasi merupakan salah satu cara untuk menunjukkan bahwa lulusan Prodi Teknik Elektro mampu melakukan tugas spesifik sesuai dengan yang tertera di sertifikat. Dengan metode ini, lulusan Prodi Teknik Elektro akan mempunyai kompetensi lebih tinggi dibanding yang lain. Hal ini akan membantu para alumni Teknik Elektro dalam mencari pekerjaan karena mereka mempunyai kemampuan yang dapat dibuktikan dengan sebuah dokumen resmi.

1. Sertifikasi Programming Essentials in Phyton (dari Phyton Institute)

    Sertifikasi ini dapat diperoleh setelah mahasiswa menempuh ujian sertifikasi pemrograman Phyton. Ujian dapat ditempuh mahasiswa setelah mengambil Mata Kuliah Pemrograman Lanjut (TE2316 + TE2316P). Mata kuliah ini membahas dasar pemrograman Python, konsep dan teknik pemrograman dengan pendekatan object oriented, langkah demi langkah untuk memecahkan masalah mudah hingga masalah yang kompleks menggunakan Phyton.

2. Sertifikasi IT Essential (dari  CCNA)

    Sertifikasi ini dapat diperoleh setelah mahasiswa menempuh ujian sertifikasi IT Essential. Ujian dapat ditempuh mahasiswa setelah mengambil Mata Kuliah Pilihan IT Essential (TE4391). Mata kuliah ini mengajarkan keterampilan dasar komputer yang mencakup keterampilan dan prosedur untuk menginstal, mengkonfigurasi, dan memecahkan masalah komputer. IT Essential mencakup keterampilan hardware dan software pada entry-level dan berfungsi sebagai dasar untuk memperoleh sertifikasi dari CCNA (Cisco Certified Network Associate).

3. Sertifikasi Network Fundamentals (dari CCNA)

    Sertifikasi ini dapat diperoleh setelah mahasiswa menempuh ujian sertifikasi CCNA-1: Network Fundamentals. Ujian dapat ditempuh mahasiswa setelah mengambil Mata Kuliah Pilihan Jaringan Komputer (TE4393 + TE4393P). Mata kuliah yang merupakan kelanjutan dari mata kuliah Komunikasi Data ini di antaranya berisi Application Layer Functionality and Protocols, OSI Transport, Network and Physical Layer, Addressing the Network-IPv4, konfigurasi dan pengetesan. Kemampuan tentang jaringan akan sangat berguna di bidang telekomunikasi.

4. Sertifikasi Routing Protocols and Concepts (dari CCNA)

    Sertifikasi ini dapat diperoleh setelah mahasiswa menempuh ujian sertifikasi CCNA-2: Routing Protocols and Concepts. Ujian dapat ditempuh mahasiswa setelah mengambil Mata Kuliah Pilihan Manajemen Peralatan Jaringan (TE4394). Mata kuliah yang merupakan kelanjutan dari mata kuliah Pilihan Jaringan Komputer ini di antaranya berisi tentang Routing and Packet Forwarding dan Distance Vector Routing Protocols.