Informatika

Image Department
Informatika Sarjana (S-1) Komputer (S.Kom) informatika@stta.ac.id
Akreditasi

B


Deskripsi Informatika

Teknik Informatika adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang unsur-unsur sistem pada informatika dan pengetahuan tentang sistem. Menurut pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar harus didasarkan pada pendekatan kompetensi program studi yang berorientasi bisnis global. Kemudian disusul dengan penjelasan melalui Kep. Mendiknas No. 045/II/2002.

Oleh karena itu dalam program studi Teknik Informatika, pengembangan kurikulumnya berbasis pada kompetensi lulusan, kemudian pengembangan isi dan materi silabus yang mulai diberlakukan pada tahun akademik 2002/2003. Di samping itu secara infra struktur fisiknya terus menerus dikembangkan seperti fasilitas laboratorium dan kelompok riset. Lulusan Program Studi Teknik Informatika atau Sarjana Informatika dengan kurikulum 2002/2003 diharapkan memiliki kemampuan tinggi dalam perencanaan, penyusunan fisik, perbaikan bahan dan pengoperasian sistem-sistem integral yang terdiri atas manusia, peralatan, bahan-bahan, ruang informasi, dan energi. Lapangan Kerja sarjana Teknik Informatika meliputi bidang-bidang Tata laksana Informatika/produksi, tata Laksana Proyek, Konsultan Teknis Informatika dan ekonomi perusahaan, pendidikan dan pengajaran.

Salah satu sertifikasi Lulusan Informatika STTA akan mendapatkan Sertifikat CCNA dari Cisco Academy.



Visi Program Studi Informatika

Pada tahun 2024 Teknik Informatika Menjadi Program Studi yang berkualitas dalam mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi serta kedirgantaraan yang mampu bersaing di Asia Tenggara


Misi Program Studi Informatika

Misi Program Studi Teknik informatika STTA adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas di bidang teknologi komunikasi dan Informasi serta kedirgantaraan.
  2. Mengembangkan penelitian serta kegiatan inovatif dibidang teknologi dan kedirgantaraan.
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat sebagai upaya penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan teknologi dan kedirgantaraan.
  4. Mengembangkan kemitraan yang saling menguntungkan.
  5. Meningkatkan kualitas manajemen perguruan tinggi sistem tata kelola yang baik (good governance).
  6. Meningkatkan program pemberdayaan dan kewirausahaan lulusan.

Tujuan Program Studi Informatika

Tujuan Program Studi Teknik Informatika adalah sebagai berikut:

  1. Tercapainya lulusan yang berkualitas di bidang teknologi informasi komunikasi dan kedirgrantaraan serta berjiwa besar.
  2. Tercapainya hasil penelitian yang berkualitas dan unggul,
  3. Tercapainya peran program studi dalam pemberdayaan dan pengabdian masyarakat secara berkesinambungan,
  4. Terjalinnya kemitraan dengan instansi dan lembaga yang relevan untuk menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkualitas.
  5. Tercapainya manajemen perguruan tinggi kearah tata kelola yang baik (good governance).