Teknik Elektro

Image Department
Teknik Elektro Sarjana (S-1) Teknik (ST) elektro@stta.ac.id
Akreditasi

B


Deskripsi Teknik Elektro

Program Studi Teknik Elektro Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) Yogyakarta mempunyai dua konsentrasi yaitu Telekomunikasi dan Avionik. Sesuai dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 3037/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017, Program Studi Teknik Elektro ini telah mempunyai Akreditasi B (sertifikat akreditasi dapat diunduh disini).

Mulai tahun akademik 2019/2020 ini, proses pendidikan di prodi Teknik Elektro STT Adisutjipto menggunakan kurikulum 2019. Kurikulum 2019 Teknik Elektro ini disusun berdasar ketentuan pada akreditasi nasional BAN-PT (Badan Akreditrasi Nasional Perguruan Tinggi) dan akreditasi internasional IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education).

Selain itu, pada kurikulum 2019 lulusan mahasiswa prodi Teknik Elektro dibekali dengan sertifikasi CCNA (Cisco Certified Network Associate). Lebih lanjut sertifikasi di Teknik Elektro dapat dilihat di sini.

Pada kurikulum ini penguasaan materi mahasiswa atas materi Elektronika Penerbangan (Avionik) dan Elektronika Telekomunikasi lebih ditekankan. Alur mata kuliah pada kurikulum 2019 Teknik Elektro ini juga mangalami sedikit perubahan dari kurikulum sebelumnya. Target diberlakukannya ini adalah: materi Elektronika Penerbangan dan Elektronika Telekomunikasi dapat lebih mudah dan cepat diserap, mahasiswa dapat menyelesaikan studi tepat waktu dalam 8 (delapan semester), dan lebih banyak materi mata kuliah yang digunakan di dunia kerja.

Program Studi Teknik Elektro STTA mempunyai dua konsentrasi, yaitu: Konsentrasi Elektronika Penerbangan (Avionik) dan Konsentrasi Elektronika Telekomunikasi.

Konsentrasi Elektronika Penerbangan (Avionik)

Konsentrasi Elektronika Penerbangan atau Avionik (Avionics) di prodi Teknik Elektro STTA mempelajari sistem elektronika yang digunakan dalam pesawat terbang, satelit dan pesawat angkasa. Avionik meliputi navigasi (navigation), komunikasi (communication), monitoring sistem terbang dan mesin, sistem kendali terbang (aircraft flight control systems), sistem penghindar tabrakan (collision-avoidance systems), sistem radar cuaca (weather radar), sistem manajemen terbang (flight management systems), dan sistem hiburan dalam-pesawat (in-flight entertainment system).

Lulusan dari konsentrasi ini memiliki kompetensi untuk bekerja di: maskapai penerbangan, industri pesawat terbang, pengendali lalu-lintas pesawat (ATC) dan industri perawatan pesawat terbang (aircraft maintenance) hingga ke badan/instansi pemerintah.

Konsentrasi Elektronika Telekomunikasi

Di konsentrasi Elektronika Telekomunikasi prodi Teknik Elektro STTA ini para mahasiswa mempelajari berbagai konsep telekomunikasi yang meliputi: komunikasi teresterial, komunikasi satelit, komunikasi bergerak (mobile communication), dan komunikasi selular (cellular communication).

Lulusan dari konsentrasi ini memiliki kompetensi bekerja di: perusahaan pembuatan instrumen elektronika dan instrumentasi telekomunikasi, operator telekomunikasi, badan/instansi pemerintah, bahkan ke berbagai perusahaan yang menggunakan sistem kelistrikan dan elektronika.

Kerjasama

Program studi Teknik Elektro telah bekerja sama dengan banyak perusahaan nasional terutama dalam penyelenggaraan Study Exursie, Kerja Praktek, Tugas Akhir, dan penelitian. Beberapa perusahaan tersebut di antaranya: PT. Dirgantara Indonesia, TNI AU, Bandara Adisutjipto, Bandara Halim Perdanakusuma, Angkasa Pura, GMF AeroAsia, dan perusahaan pembuatan instrumen elektronika dan instrumentasi lain.


Visi Program Studi Teknik Elektro

Menjadi Program Studi Teknik Elektro yang berkualitas dalam mengembangkan teknologi elektronika telekomunikasi dan elektronika penerbangan serta mampu bersaing di Asia Tenggara


Misi Program Studi Teknik Elektro

Menjalankan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam rangka mengembangkan teknologi elektronika telekomunikasi dan elektronika penerbangan yang mampu bersaing di Asia Tenggara


Tujuan Program Studi Teknik Elektro

Kemampuan sarjana Teknik Elektro STT Adisutjipto terjabar dalam pekerjaan sebagai:

Insinyur Profesional

Lulusan sarjana Teknik Elektro dapat bekerja secara profesional di perusahaan menggunakan keahlian di bidang rekayasa Teknik Elektro khususnya Elektronika Telekomunikasi dan Elektronika Penerbangan Jabatan profesional yang digunakan antara lain: Electrical Engineer, Telecommunication Engineer, Avionics Engineer, Control & Instrumentation Engineer.

Manajemen

Lulusan sarjana Teknik Elektro dapat bekerja menggunakan keahliannya untuk menjadi staf manajemen dalam mengelola sumber daya proyek/perusahaan. Jabatan profesional yang digunakan antara lain: Project Engineer, Supervisor, Kepala Divisi dan Manajer

Teknopreneur

Lulusan sarjana Teknik Elektro dapat menggunakan keahliannya untuk berwirausaha di bidang Teknik Elektro.

Akademisi

Lulusan sarjana Teknik Elektro dapat melanjutkan jenjang akademik yang lebih tinggi ke jenjang Magister dan Doktoral

Peneliti

Lulusan sarjana Teknik Elektro dapat bekerja di bagian riset dan pengembangan (R&D) di institusi atau perusahaan.