Teknik Industri Teknik Industri

Teknik Industri adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang unsur-unsur sistem pada industri dan pengetahuan tentang sistem. Menurut pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian hasil Belajar (Kep. Mendiknas No. 232/U/2001), Kurikulum Pendidikan Tinggi harus didasarkan pada pendekatan kompetensi program studi yang berorientasi bisnis global. Kemudian disusul dengan penjelasan melalui Kep. Mendiknas No. 045/U/2002

Oleh karena itu dalam program studi teknik Industri, pengembangan kurikulumnya berbasis pada kompetensi lulusan, kemudian pengembangan isi dan materi silabus yang mulai diberlakukan pada tahun akademik 2002/ 2003. Disamping itu secara infra struktur fisiknya terus menerus dikembangkan seperti fasilitas laboratorium dan kelompok riset. Lulusan Program studi teknik Industri atau sarjana Teknik Industri dengan kurikulum 2002/2003 diharapkan memiliki kemampuan tinggi dalam perencanaan, penyusunan fisik, perbaikan dan pengoperasian sistem-sistem integral yang terdiri atas manusia, peralatan, bahan-bahan, ruang informasi, dan energi. Lapangan kerja sarjana Teknik Industri meliputi bidang-bidang tata laksana industri/produksi, tata laksana proyek, kosultasi teknis, industri dan ekonomi perusahaan, pendidikan dan pengajaran.


Visi Program Studi Teknik Industri

Program studi teknik Industri STTA akan menjadi program studi yang unggul, berkualitas dan menghasilkan Sarjana Teknik Industri yang bermoral, mandiri dan profesional, menguasai IPTEK di bidang Industri dan Kedirgantaraan serta dapat bersaing secara global.


Misi Program Studi Teknik Industri
  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas untuk menghasilkan sarjana teknik industri yang profesional di bidang industri dan kedirgantaraan.
  • Mengembangkan penelitian serta kegiatan inovatif dibidang industri dan kedirgantaraan.
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat sebagai upaya penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Mengembangkan kemitraan yang saling menguntungkan.
  • Meningkatkan Program Pemberdayaan dan kewirausahaan lulusan.

Tujuan Program Studi Teknik Industri
  • Menyelenggarakan pendidikan, pelatihan dan penelitian dibidang industri dan kedirgantaraan guna memenuhi kebutuhan dunia kerja.
  • Memiliki kemampuan dalam mengembangkan bidang Ilmu teknik industri dengan menghasilkan penelitian yang bermutu dan berguna bagi pengembangan ilmu, pembelajaran, dan berguna bagi masyarakat Indonesia maupun global.
  • Mengadakan seminar, pelatihan, kursus, dan bentuk lainnya, serta mengadakan kerjasama dengan pihak lain dalam rangka membangun kemitraan yang saling menguntungkan
  • Menyiapkan mahasiswa dengan dasar teoritis dan pengalaman praktis di bidang teknik industri, sehingga menghasilkan lulusan yang professional, berjiwa kewirausahaan dan mampu bersaing secara global.