Teknik Penerbangan Teknik Penerbangan

Sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki tantangan sekaligus peluang yang cukup besar pada bidang transportasi, khususnya transportasi udara. Transportasi udara dengan segala kelebihannya menjadi salah satu tulang punggung dalam rantai distribusi logistik dan pemerataan hasil-hasil pembangunan selain tentu saja sebagai sarana utama mobilisasi penduduk antar daerah.

Pertumbuhan kebutuhan (demand) transportasi udara dari tahun ke tahun terus meningkat seiring dengan pertumbuhan perekonomian dan pemerataan pembangunan nasional. Hal ini disikapi dengan baik oleh industri penerbangan yang secara bebarengan juga terus meningkatkan kapasitas pelayanan transportasi udara.

Peningkatan kapasitas pelayanan transportasi udara berarti peningkatan jumlah Pesawat Terbang, peningkatan kapasitas bandara,  peningkatan kapasitas perawatan Pesawat Terbang dan peningkatan kapasitas pendukung penerbangan lainnya. Peningkatan kapasitas sistem penerbangan nasional ini selain harus didukung oleh pengembangan infrastruktur, peningkatan teknologi dan penambahan sarana namun juga harus dibarengi dengan peningkatan jumlah dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Program Studi (Prodi)Teknik Penerbangan Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) sebagai salah satu penyedia SDM dunia penerbangan yang kompeten, terlatih dan terampil berfokus padapenanamanpengetahuanteknik penerbangansehingga lulusan mampu berhasil dalamkarir profesional mereka, baik itu pada industri, pemerintahanataupun akademisi yang berhubungan dengan dunia penerbangan.


Visi Program Studi Teknik Penerbangan

Menjadi Program Studi yang unggul dalam teknologi kedirgantaraan dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing di Asia Tenggara


Misi Program Studi Teknik Penerbangan

Untuk mencapai visi Program Studi Teknik Penerbangan menentukan langkah-langkah utama dalam bentuk misi program studi Teknik Penerbangan sebagai berikut :

  1. Melaksanakan pendidikan untuk mengantisipasi kemajuan teknologi kedirgantaraan khususnya bidang Sistem Transportasi Udara, Konstruksi dan Perawatan Pesawat Terbang, dan Propulsi Pesawat Terbang.
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  3. Melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu untuk meningkatkan tata kelola Program Studi.
  4. Melaksanakan program pemberdayaan dan kewirausahaan lulusan.
  5. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan instansi pemerintah, pendidikan, penelitian danindustri.

Tujuan Program Studi Teknik Penerbangan

Tujuan Pendidikan Program Studi Teknik Penerbangan adalah:

  • Bekerja profesional dalam bidang teknik penerbangan dan bidang teknik lainnya, serta dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi di lingkungan karirnya;
  • Menjadi pemimpin di bidang yang ditekuninya serta bermoral Pancasila yang berbudi pekerti luhur, memiliki kepribadian yang sehat dan tangguh, memiliki harga diri serta kepercayaan diri yang berlandaskan keimanan yang kuat.;
  • Mampu belajar sepanjang hayat dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.