Gambar dari Haruno Sajati S.T., M.Eng.
Pelatihan Jurnalistik Season II UKM Persma STTA
dari Haruno Sajati S.T., M.Eng. - Tuesday, 6 April 2010, 09:09
 
 

“Seorang wartawan atau redaktur harus bisajurnalistik memahami sejauhmana dampak suatu pemberitaan terhadap kondisi sosio psikologis masyarakat. Redaktur bisa memotong kalimat – kalimat tertentu yang menimbulkan keresahan di masyarakat walaupun kalimat itu asli dari nara sumber. Hal ini adalah bagian dari Kode Etik Jurnalistik dan demi persatuan dan kesatuan bangsa“, demikian dikemukakan Drs. Jayadi Kastari pada Pelatihan Jurnalistik di Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto ( STTA ), hari Selasa ( 19/1 )

 

Pelatihan Jurnalistik dengan Tema “Pengembangan Potensi dalam Bidang Kejurnalistikan” diselenggarakan oleh UKM Pers Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) menghadirkan praktisi media antara lain Drs. Jayadi Kastari (Redaktur Kedaulatan Rakyat), Eny Prihtiyani, SIP, SE (Kompas) serta Tim Metro TV yang didukung oleh Monika Tri Hapsari, Lalita Gandaputri dan Wahyu Priono. jurnalistik2Ketua Panitia, Habibi mengemukakan bahwa untuk menjadi jurnalis membutuhkan banyak ketrampilan, tidak hanya ketrampilan menulis saja, tetapi juga butuh keberanian, kesigapan, ketanggapan dan kemampuan menangkap point pembicaraan secara cepat. Pelatihan ini ditujukan untuk menumbuhkan minat yang mendalam di dunia jurnalistik bagi anggota baru dan me-refresh semangat kerja awak jurnalistik yang lama.

 

 

Sementara itu Lalita Gandaputri menjelaskan bahwa karakteristik konsumen berita TV mempunyai perbedaan yang mendasar dengan berita koran antara lain pemirsa lebih pasif dari pembaca, perhatian pemirsa mudah beralih dan pemirsa sangat beragam. Oleh karenanya berita TV harus mempunyai nilai important, aktual, unik, proximity, prominence, magnitude dan human interest.

 

Pada pelatihan jurnalistik ini dipaparkan beberapa materi antara lain Kode Etik dan Etika Jurnalistik, Teknik Peliputan Berita, Teknik Penulisan Berita dan Editoring. Selain itu diberikan pula beberapa contoh liputan berita TV dan teknik penggunaan kamera video.