STTA Laksanakan Program Pengabdian Masyarakat di SMK Penerbangan AAG

Sabtu, 02 September 2017 | Dipost oleh : Admin humas | Kategori : Berita

Program Pengabdian Masyarakat adalah salah satu tugas pokok Perguruan Tinggi yang tertuang dalam Tridarma Perguruan Tinggi. Sebagai salah satu Perguruan Tinggi di wilayah Kopertis wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta, STTA juga memiliki dharma Pengabdian Masyarakat. Salah satu kegiatan Pengabdian dilaksanakan di SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta dengan judul Iptek Bagi Masyarakat Kelompok Kerja Guru Mata Pelajaran Avionik. Program Pengabdian Masyarakat ini didanai Dikti pada Skema Iptek Bagi Masyarakat dengan agenda kegiatan, Peningkatan kemampuan guru mata pelajaran Avionik tahun 2017, pengadaan bahan ajar dan pengadaan flight simulator.

Sasaran pengabdian masyarakat ini, adalah peningkatan kemampuan guru mata pelajaran avionik, pengadaan sarana pembelajaran dan peningkatan materi pembelajaran berbasis media interaktif. Peningkatan kemampuan guru mata pelajaran dilaksanakan dengan cara pembekalan materi avionik oleh Paulus Setiawan, S.T., M.T., seorang narasumber yang memiliki sertifikat Aircraft Maintenance. Untuk pengadaan bahan ajar, telah ditambahkan 5 judul buku bahan ajar untuk melengkapi koleksi perpustakaan SMK Penerbangan AAG Adisutjipto serta diadakan peralatan Projector Viewer untuk mendukung  proses pembelajaran.

Kegiatan ini telah selesai dilaksanakan dengan telah diserahterimakan barang media pebelajajaran berupa Flight simulator dan buku-buku pendidikan mengenai Avionic dan Aircraft System. Proses serah terima barang tersebut dilakukan oleh Pihak STTA diwakili oleh Bapak Haruno Sajati, S.T.,M.Eng selaku Ketua Pokja pengabdian masyarakat kepada Bapak Taufik Yulianto Aminjoyo,S.T. selaku kepala Sekolah SMK Penerbangan Adisutjipto Yogyakarta.

Proses serah terima ini merupakan hasil hubungan baik dan kerjasama kedua belah pihak dalam mengembangkan mutu pendidikan yang sama-sama di bidang Teknologi Pesawat Udara. Penyerahan barang-barang tersebut terkait dengan penelitian atau pengabdian kepada masyarakat yang didanai oleh Direktorat Riset dan pengabdian kepada masyarakat , Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, sesuai dengan perjanjian Penugasan Pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat Nomor : 099/SP2H/PPM/DRPM/2017, Tanggal 3 April 2017.

Kegiatan Pengabdian masyarakat ini juga sudah melalui tahap monitoring dan evaluasi (Monev) eksternal yang dilaksanakan di Universitas Mercu Buana Yogyakarta tanggal 2 - 4 September 2017. Akhirnya semoga program pengabdian ini tepat sasaran dan dapat meningkatkan kemampuan siswa SMK Penerbangan AAG Adisutjipto.