Kuliah Umum Prodi Teknik Elektro

Selasa, 23 Mei 2017 | Dipost oleh : Admin humas | Kategori : Berita

Rabu (17/5) bertempat di Ruang Adisutjipto, Prodi Teknik Elektro STTA mengadakan kuliah umum yang mengambil tema “UAV Sebagai Prospek dan Tantangan di Masa Depan bagi Bangsa Indonesia”.

Kuliah umum yang diikuti oleh mahasiswa Teknik Elektro ini dibuka dengan sambutan dari Ketua STTA, Dr. T. Ken Darmastono yang mendukung perkembangan teknologi UAV di STTA. Sambutan berikutnya disampaikan oleh Pejabat Prodi Teknik Elektro, Freddy Kurniawan, M.T. yang menyampaikan harapan agar melalui kuliah umum ini mahasiswa semakin termotivasi untuk lulus tepat waktu.

Sebagai narasumber dalam Kuliah Umum ini adalah Dr.Eng. Adha Imam Cahyadi, seorang pakar UAV yang juga menjabat sebagai Kaprodi S1 Teknik Elektro UGM. Dalam materi yang disampaikan, Dr. Adha membahas mulai dari kapan inspirasi mengenai UAV itu ada, sejarah perkembangan UAV, cara kerja UAV, sampai dengan UAV pada saat ini. Inspirasi mengenai UAV sudah ada dari tahun 1970 dari sebuah novel yang berjudul Enders Game. 

Sejarah perkembangan UAV sendiri dimulai pada tahun 1849 di Austria. UAV pada awalnya digunakan untuk keperluan militer. Komponen pendukung suatu UAV adalah sistem kontrol, navigasi dan komunikasi, serta sistem pandu (guidance system). Beliau juga menjelaskan mengenai komponen pada UAV, yakni baterai. Selain memberikan materi mengenai UAV, Dr. Adha juga memberikan motivasi-motivasi pada mahasiswa yang hadir pada saat itu salah satu diantaranya untuk melakukan reverse engineering terhadap teknologi yang ada.