Telkom Smart Campus Award (TeSCA), satu lagi penghargaan tingkat nasional yang berhasil diraih oleh STTA

Jumat, 01 Agustus 2014 | Dipost oleh : Admin humas | Kategori : Penghargaan

TeSCA adalah program yang ditujukan untuk membantu perguruan tinggi dalam melakukan pengukuran pemanfaatan Information & Communication Technology (ICT) melalui metode “ZEN” yang dikembangkan oleh Prof. Ir. Nizam, MSc., Ph.D (Kepala Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI), Prof. Dr. Richardus Eko Indrajit (Ketua Umum Aptikom) dan Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D (Wakil Ketua Detiknas).

Direktur Utama Telkom Arief Yahya mengatakan, TeSCA merupakan salah satu sumbangsih Telkom untuk mendukung dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi.

“TeSCA merupakan inisiatif Telkom untuk mendorong perguruan tinggi di Indonesia melakukan berbagai percepatan untuk meningkatkan kualitas pendidikan  melalui pemanfaatan TIK dalam praktek belajar mengajar di kampus. ,” ujar Arief.

TeSCA 2014 diawali dengan roadshow ke beberapa kota, self assessment perguruan tinggi melalui pengisian kuesioner, selanjutnya melewati tahap penjurian pertama, kunjungan kampus dan berakhir pada penjurian final. Adapun pemeringkatan TeSCA dilihat dari berbagai kategori meliputi: peringkat terbaik secara nasional, berdasarkan wilayah MP3EI, berdasarkan kategori perguruan tinggi (institut, sekolah tinggi, politeknik, akademi) dan juga skala indeks (bintang 3, bintang 2 dan bintang 1).

Dalam kurun waktu lima tahun, perkembangan jumlah partisipasi perguruan tinggi dalam program TeSCA mengalami peningkatan pesat. Pada tahun 2008, kegiatan ini hanya diikuti oleh 75 kampus. Pada tahun 2014, sebanyak 568 perguruan tinggi turut berpartisipasi dalam event TeSCA. Peningkatan yang signifikan ini dikarenakan TeSCA merupakan satu-satunya award yang diperuntukkan bagi perguruan tinggi, yang berperan sebagai alat kalibrasi dalam mengukur implementasi TIK dalam aktivitas pendidikan. Selain itu, TeSCA juga menggunakan metode penilaian ZEN yang terbukti secara ilmiah dengan indikator penelitian yang dapat membantu perguruan tinggi untuk mempersiapkan perencanaan implementasi ICT jangka panjang.

Perguruan tinggi tersebut terdiri dari 406 kampus yang berasal dari Jawa, 107 kampus dari Sumatera, 26 kampus dari Sulawesi, 14 kampus dari Kalimantan, 9 kampus dari Bali & Nusa Tenggara serta 6 kampus dari Papua & Kep. Maluku.