Kuliah Umum Jurusan Teknik Indutri dengan Tema Industri Kreatif Berbasis Recycled dan Natural Material Guna Meningkatkan Daya saing Global

Senin, 03 Agustus 2015 | Dipost oleh : Admin TI | Kategori : Info TI

 

Hari Kamis (16/4)

Jurusan Teknik Industri Sekolah Tinggi Tekhnologi Adisutjipto mengadakan kuliah umum yang bertajuk “Industri Kreatif Berbasis Recycled dan Natural Material Guna Meningkatkan Daya saing Global”  yang bertempat di  Gedung Adisutjipto STTA.

Kuliah umum yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Jurusan Teknik Industri ini dibuka dengan sambutan dari Ketua Jurusan Ibu Uyuunul Mauidzoh, ST,.MT. menyampaikan bahwa Jurusan Teknik Industri telah mengalami banyak perkembangan dan semoga dengan diadakannya kuliah umum ini Teknik Industri Sekolah Tinggi Tekhnologi Adisutjipto dapat lebih mengembangkan potensi ataupun kreatifitas agar mampu bersaing secara global dan Kuliah Umum ini.

Kuliah umum ini dipandu oleh Bapak Yasrin Zabidi, ST.,MT. sebagai moderator dan mahasiswa Teknik Industri STTA menghadirkan 2 pemateri yaitu Nila Kumalasari, ST.,MT. dari Kementrian Perindustrian RI dan pemateri kedua yaitu  Drs. Wayan Sukadana dari Pengusaha Industri Kreatif.

Pemapar materi yang pertama yaitu oleh Ibu Nila Kumalasari, ST,.MT.yang menyampaikan bahwa pentingnya bagi kita semua agar mengembangkan Industri Kreatif guna meningkatkan daya saing global. Ekonomi kreatif itu merupakan pengembangan kegiatan ekonomi berdasarkan pada kreatifitas, ketrampilan, dan bakat untuk menciptakan daya kreasi dan daya cipta individu yang bernilai ekonomis dan berpengaruh pada kesehjahteraan masyarakat Indonesia, dengan sasaran, arah, dan strategi. Beliau juga mengatakan bahwa ada 6 pilar ekonomi kreatif yaitu SDM, Industri, Teknologi, Sumber Daya, Institusi, dan Lembaga Pembiayaan. Dan yang paling terpenting yaitu kunci untuk meraih kesuksesan yaitu kerjasama yang baik antara dunia usaha dan pemerintah, melakukan perubahan dan merevisi regulasi sehingga ramah dan kondusif, dan sektor pendidikan dan infrastruktur.

Pemapar materi yang kedua yaitu oleh Drs. Wayan Sukadana beliau menyampaikan bahwa pentingnya Industri Kreatif dalam membangun kreatifitas dan berani bersaing secara global. Banyak bahan – bahan baku yang awalnya tidak memiliki harga sama sekali, tetapi dengan pengembangan kreatifitas dan seni dapat menciptakan menjadi barang bernilai tinggi, seperti yang dibawa beliau sebuah karya seni terbuat dari tempurung kelapa dengan adanya sentuhan seni dan kreatifitas benda yang awalnya tidak memiliki nilai akan memiliki nilai yang tidak pernah terbayangkan.