STUDY EXCURSIE 2014/2015 JAKARTA-BANDUNG

Minggu, 02 Agustus 2015 | Dipost oleh : Admin TI | Kategori : Info TI

1. Kunjungan  PT. GMF Aeroasia,Cengkareng

Kunjungan hari pertama Selasa 17 maret 2015 ke PT. GMF AeroAsia yang  disambut oleh bapak Yusa Asra Yuli Wardana, ST.MM dengan jabatan Senior Strategic Resources Management Specialistsekaligus memperkenalkan diri.Ada empat tahapan dalam kunjungan mahasiswa teknik industri ke PT. GMF AeroAsia, yang pertama menyampaikan latar belakang perusahaan tersebut yang bergerak dalam bidang perawatan (maintenance) pesawat terbang terbesar di asia dan yang dipimpin oleh bapak Yusa Asra Yuli Wardana, ST.MM  dan sekaligus berdialog dengan seksi tanya jawab kepada mahasiswa mengenai perusahaan tersebut agar dapat menggali informasi dan pengetahuan bagi mahasiswa. PT. GMF AeroAsia yang terletak di cengkareng tepatnya di bandara soekarno-hatta tangerang sekaligus anak perusahaan Garuda Indonesia yang berdiri sejak tahun 1949 yang saat ini diakui sebagai salah satu fasilitas terbaik dan terbesar dalam pemeliharaan, perbaikan dan overhaul pesawat di kawasan asia, ini memperbesar gairah kebanggaan dalam seluruh keunggulan solusi terpadu.

Perusahaan ini berupaya menyesuaikan diri terhadap perubahan kiblat pasar perawatan pesawat terbang. Antara lain dengan menguasai perawatan pesawat-pesawat tipe terbaru, terutama B737-NG dan A320. Dua tipe pesawat ini paling banyak digunakan maskapai di dalam dan luar negeri karena tergolong pesawat yang irit bahan bakar dan lebih ramah lingkungan. Tahapan yang kedua pemberian cindera mata oleh ketua jurusan teknik industri sekolah tinggi teknologi adisucipto ibu Uyuunul Mauidzoh,ST.MT kepada bapak Yusa Asra Yuli Wardana, ST.MM dan foto bersama. Tahapan ketiga setelah berdialog, mahasiswa diajak langsung mengunjungi tempat perawatan mesin pesawat yang sedang dalam perawatan serta tahapan yang keempat mengunjungi empat hanggar pesawat boeing dan airbus yang sedang menjalani perawatan.

2. Kunjungan  Kementrian Perindustrian RI

Kunjungan dihari kedua Rabu 18 Maret 2015 yaitu Kementerian Perindustrian yang disambut oleh Drs.Hartono (Kepala Pusat Komunikasi Publik Sekertariat Jendral) selaku pembicara I,dengan judul materi Penerapan SKKI untuk peningkatan Kualitas dan daya saing SDM Industri.dalam kesempatan ini Bpk.Drs.Hartono menyampaikan materi untuk mendorong industri dan meningkatkan kontributoor sektor industri dan arah kebijakan pembangunan industri nasional yang ditetapkan :1. Pengembangan wilayah indusrti; 2. Penumbuhan populasi industri;3. Dan peningkatan daya saing dan produktivitas.dimana industri yang di prioritaskan diindonesia tahun 2015-2035 dibagi dua yaitu industri andalan dan industri pendukung, industri andalan yaitu industri pangan,industri farmasi,  kosmetik, dan alat kesehatan,industri tekstil,transportasi dan elektronika.serta industri pendukung yaitu industri barang modal,komponen,bahan penolong dan jasa industri. Bpk.Drs.Hartono juga  menyampaikan  strategi dalam menghadapi pasar bebas tenaga kerja alam mengisi pasar bebas ASEAN yaitu – menyiapkan tenaga kerja industri kompeten yang berdaya saing melalui membangun pendidikan vokasi industri berbasis kompeten.-melakukan pemetaan kompetensi pasar tenaga kerja di ASEAN.

 

Ir. Tony T.H Sinambela, M.SE (Kepala Pusat Standarisasi Badan Pengkajian Kebijakan, Iklim dan Mutu Industri) dengan judul materi Penerapan SNI perkuat daya saing industri Nasional.dalam kesempatan ini Bpk. Ir. Tony T.H Sinambela, M.SE menyampaikan bahwa industri di indonesia masih jauh tertinggal dari negara-negara ASEAN yang menduduki peringkat 6 dari 10 negara.untuk itu demi mengejar industri pasar bebas dan peningkatan kualitas maka indonesia bekerjasama dengan standarisasi industri Bilateral( indonesia-jepang, indonesia-unieropa, indonesia-korea selatan), Regional (ASEAN,APEC), internasional (WTO-TBT,ISO,IEC) Drs. Mujiyono, MM (Kepala Pusdiklat Industri Sekertariat Jendral). Dan sekaligus berdiskusi dalam sesi tanya jawab kepada mahasiswa teknik industri mengenai perindustrian terutama di negara indonesia tersebut agar dapat menggali informasi dan pengetahuan bagi mahasiswa dan yang terakhir pemberian cindera mata oleh ketua jurusan teknik industri sekolah tinggi teknologi adisucipto ibu Uyuunul Mauidzoh,ST.MT kepada bapak Drs.Hartono (Kepala Pusat Komunikasi Publik Sekertariat Jendral).

3. Kunjungan  PT. Dirgantara Indonesia Bandung

Kunjungan dihari kedua Rabu 18 Maret 2015yaitu ke PT. Dirgantara Indonesia yang ada di Kota Bandung yang disambut oleh bapak Pratama dengan jabatan bagian humas dan sekaligus memperkenalkan diri. Ada dua tahapan dalam kunjungan mahasiswa ke PT. Dirgantara Indonesia, yang pertama menyampaikan latar belakang tentang perusahaan yang bergerak dalam bidang industri produksi pesawat terbang yang pertama dan satu-satunya di Indonesia dan di wilayah Asia Tenggara. Perusahaan ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Perusahaan tersebut didirikan pada 26 April 1976 dengan nama PT. Industri Pesawat Terbang Nurtanio dan BJ Habibie sebagai Presiden Direktur. Industri Pesawat Terbang Nurtanio kemudian berganti nama menjadi Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) pada 11 Oktober 1985. Setelah direstrukturisasi, IPTN kemudian berubah nama menjadi Dirgantara Indonesia pada 24 Agustus 2000 Sikumbang, pesawat era Nurtanio.Dirgantara Indonesia tidak hanya memproduksi berbagai pesawat tetapi juga helikopter, senjata, menyediakan pelatihan dan jasa pemeliharaan (maintenance service) untuk mesin-mesin pesawat. Dirgantara Indonesia juga menjadi sub-kontraktor untuk industri-industri pesawat terbang besar di dunia seperti Boeing, Airbus, General Dynamic, Fokker dan lain sebagainya. Kemudian mahasiswa diajak berdialog  dengan seksi tanya jawab kepada mahasiswa mengenai perusahaan tersebut agar dapat menggali informasi dan pengetahuan bagi mahasiswa serta pemberian cindera mata oleh ketua jurusan teknik industri sekolah tinggi teknologi adisucipto ibu Uyuunul Mauidzoh,ST.MT kepada bapak Pratama.