Pergeseran Sistem Informasi

Jumat, 01 Februari 2013 | Dipost oleh : Admin TF | Kategori : Info TF

Sistem informasi pada era sekarang ini telah mengalami pergeseran.  Jika sebelumnya booming sistem informasi yang berorientasi bagi korporat atau perusahaan besar maka sekarang menjadi sistem informasi personal atau perseorangan. Agaknya setiap orang sudah paham betul akan manfaat dari sistem informasi. Dengan menggunakan system informasi akan dihasilkan informasi yang cepat dan akurat sehingga akan menjadi sumber pengetahuan bagi pemakainya atau penggunanya dalam pengambilan keputusan yang keputusannya dapat dipertanggungjawabkan.

Menurut Dr. Ridi Ferdiana, Research Advisor Microsoft Innovation Centre, dalam acara seminar Teknologi Informasi yang bertajuk Desain Sistem Informasi, Senin (21/05), terdapat dua golongan system informasi yaitu enterprise information system dan small-medium business information system. Salah satu contoh kasus small-medium business IS adalah adanya Zahir software accounting yang menyasar skala kecil menengah yang sekarang telah banyak digunakan oleh banyak perusahaan.

 

Dalam membuat software juga perlu dipikirkan apakah jenis software apakah yang akan dibuat karena competitor sudah sangat banyak. Hanya software yang memiliki keunikan saja yang mampu bertahan di pasaran. Akan lebih bagus membuat software yang mengarah skala kecil menengah yang nantinya akan terus berkelanjutan karena perusahaan pada skala tersebut sangat banyak jumlahnya dibandingkan perusahaan korporasi atau skala besar yang jumlahnya tidak terlalu banyak meskipun menghasilkan nilai yang lumayan besar.

 

Pada acara seminar Teknologi Informasi tersebut juga dilaksanakan peluncuran perdana Jurnal Teknik Informatika STTA “Compailer”. Menurut Hero Wintolo, ST., M.Kom, Ketua Jurusan Teknik Informatika STTA, dengan adanya jurnal “Compailer” tersebut dapat menjadi sarana dan prasarana bagi mahasiswa Teknik Informatika STTA dalam publikasi laporan tugas akhirnya. Hal tersebut juga dapat menjadi sarana pembelajaran bagi mahasiswa-mahasiswa yang belum menempuh tugas akhir sehingga dapat memperoleh gambaran tentang tugas akhir kakak tingkatnya.

 

 

(Sumber: Humas STTA)