Pengisian KRS

Selasa, 09 Agustus 2016 | Dipost oleh : Admin TE | Kategori : Info TE

1. KRS di Kurikulum 2013/2014

Saat ini Jurusan Teknik Elektro STT Adisutjipto menggunakan kurikulum 2013. Kurikulum tersebut mulai berlaku pada semester Genap 2013/2014. Untuk mengisi mata kuliah di KRS harap diperhatikan ketentuan berikut:

  1. Mahasiswa angkatan 2014/2015 dan sedudahnya: menggunakan kurikulum 2013 secara penuh.
  2. Mahasiswa angkatan 2013/2014 dan sebelumnya: menggunakan kurikulum 2007 dan kurikulum 2013

Ketentuan bagi mahasiswa angkatan 2013/2014 dan sebelumnya:

  1. Mata kuliah yang telah diambil di Kur 2007 tetap diakui.
  2. Mata kuliah yang belum diambil di Kur 2007 dapat diganti dengan mata kuliah konversi di Kur 2013
  3. Mata kuliah di Kur 2007 yang akan diulang dapat dicari konversinya di Kur 2013.

Jadwa mata kuliah dalam semester dan konsentrasi yang sama dijamin tidak akan bertabrakan, namun mata kuliah dalam semester atau konsentrasi yang berbeda tidak dijamin tidak bertabrakan. Mahasiswa diharap tidak mengambil beberapa mata kuliah dengan jadwal bertabrakan. Jadwal yang bertabrakan dapat diselesaikan dengan menukar jadwal kelas dengan temannya. Daftar mata kuliah di Kurikulum 2013 beserta konversinya dapat diunduh di sini.

2. Mata Kuliah Wajib Konsentrasi

Mata kuliah wajib konsentrasi merupakan mata kuliah yang wajib diambil pada salah satu konsentrasi. Mata kuliah ini ditawarkan di semester V dan VI.

3. Pembaruan (Update) Nilai Matakuliah

Bagi mahasiswa angkatan 2013 atau sebelumnya yang mengambil mata kuliah dua kali (karena memperbaiki), di transkrip akhir kemungkinan masih akan tercetak nilai lama dan nilai baru. Jika dikehendaki salah satu nilai akan dihapus, maka mahasiswa tersebut dapat mengajukan permohonan ke Jurusan Teknik Elektro untuk penghapusan salah satu nilai yang sudah tidak diperlukan.

4. Mata Kuliah Praktikum

Beberapa mata kuliah praktikum ditawarkan dalam beberapa kelas. Bagi mahasiswa yang akan mengambil kembali mata kuliah ini (karena memperbaiki), harap KRS lebih awal agar dapat memilih jadwal yang tidak bertabrakan dengan mata kuliah lain.

5. Pengambilan Mata Kuliah di Semester Berikutnya

Bagi mahasiswa yang mempunyai jatah SKS berlebih dapat mengambil mata kuliah di semester berikutnya. Pada kasus ini, disarankan agar mahasiswa tersebut mengambil mata kuliah yang akan menjadi prasyarat bagi mata kuliah di semester sesudahnya, agar semester depan dapat mengambil mata kuliah di semester atas kembali. Daftar prasyarat setiap mata kuliah dapat dilihat di tabel mata kuliah Kurikulum 2013.

6. Pengambilan Mata Kuliah bagi Mahasiswa dengan Jatah SKS Rendah

Bagi mahasiswa yang mempunyai jatah SKS kurang kemungkinan harus meninggalkan satu atau beberapa mata kuliah di semester ini. Pada kasus ini, disarankan mata kuliah yang ditinggalkan (tidak diambil) adalah mata kuliah yang tidak menjadi prasyarat bagi mata kuliah di semester sesudahnya, agar semester depan dapat mengambil mata kuliah dengan lebih leluasa. Daftar prasyarat setiap mata kuliah dapat dilihat di tabel mata kuliah Kurikulum 2013.

7. Pengambilan Mata Kuliah namun Kuota Kelas Penuh

Bagi mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah namun kuota kelas telah penuh dapat melapor ke sekretaris jurusan Teknik Elektro atau bisa melalui email elektro@stta.ac.id.

Informasi dan bimbingan KRS dapat dilaksanakan dengan menghubungi Dosen Pengampu Akademik (DPA) yang tertulis di form/kartu Rencana Studi

 

Tautan Terkait:

Pengisian KRS